Technorati Profile Add to Technorati Favorites

Tuesday, February 5, 2008

Bahan Dasar Kertas Daur Ulang

Di dalam membuat kertas daur ulang, bahan-bahan yang bisa di gunakan ada dua jenis yaitu dari limbah kertas dan tanaman hasil pertanian atau tanaman-tanaman non produktif.
Ini merupakan salah satu contoh bahan dari limbah koran yang dapat di olah atau didaur ulang menjadi kertas dengan hasil yang berbeda. Di dalam proses pembuatan kertas daur ulang dari limbah koran maupun limbah kertas lainnya, pertama-tama yang harus dilakukan adalah kertas limbah tadi di potong kecil-kecil kemudian direndam di dalam air kurang lebih satu hari, baru kemudian setelah lunak kemudian di blender sampai menjadi bubur kertas. Setelah semua menjadi bubur, proses selanjutnya adalah di cetak dengan menggunakan alat cetak dari kawat kasa yang telah terpasang pada sebuah spanram dengan ukuran kurang lebih 21,5 cm x 33 cm.

Batang pisang juga dapat di olah menjadi kertas, yaitu setelah mengalami proses pengeringan dan pengolahan lebih lanjut. proses pembuatan kertas dari bahan batang pisang pertama-tama yang harus dilakukan adalah, batang pisang tadi dipotong kecil-kecil dengan ukuran berkisar 25 cm, lalu di jemur di bawah terik matahari hingga kering. Setelah batang pisang tadi kering proses berikutnya adalah dengan cara direbus sampai menjadi lunak, namun pada saat proses perebusan sebaiknya di tambah dengan formalin atau kostik soda maksudnya adalah di samping untuk mempercepat proses pelunaan juga untuk menghilangkan getah-getah yang masih menempel pada batang pisang tadi, pada proses berikutnya batang pisang yang sudah lunak tadi disaring dan dibersihkan dari zat-zat kimia tadi baru kemudian di buat bubur ( pulp) dengan cara di blender. Baru kemudian dicetak menjadi lembaran-lembaran kertas.
Alang-alang merupakan jenis rumput-rumputan dan sebagai tanaman non produktif,sebagian orang tanaman ini di anggap salah satu tanaman pengganggu. Tapi bagi orang yang memiliki kreativitas tinggi alang-alang justru merupakan tanaman yang dapat mengasilkan pendapatan, yaitu sebagai bahan dasar dalam pembuatan kertas,tentu saja setelah mengalami proses lebih lanjut.

Labels:

4 Comments:

At May 3, 2008 at 10:09 PM , Blogger dedy said...

pak didix aku ingin mengetahui lebih lanjutmengenai daur ulang kertas tolong beri tahu referensi buku atau informasi mengenai cara daur ualngnya. saya mohon minta tolong, terima kasih waktunya mohon maaf sebelumnya.
ditunggu informasinya!

 
At February 16, 2009 at 3:31 AM , Blogger adest said...

Pak Didik

Saya sudah sejak lama ingin memulai usaha kertas daur ulang karena saya liat usaha ini punya nilai ekonmis tinggi
Mohn bantuanya untuk dapat inform ke saya tentang proses dan kalaupun ada
buku referensinya

Terimakasih

 
At April 30, 2009 at 8:43 AM , Blogger Didixz said...

Jawaban ini buat dedy dan adest sekaligus.
Tapi sebelumnya saya minta maaf karena baru sempat menjawabnya, Buku tentang kertas daur ulang bisa anda beli di toko Gramedia, mungkin sekarang agak susah nyariknya.
Mengenai proses pembuatan kertas daur ulang mungkin kalau di jelaskan di sini akan memakan waktu dan tempat.Pada dasarnya cara buat baik itu kertas daur ulang dari limbah kertas, maupun dari tanaman, tidaklah teralalu sulit, dan anda peerlu kesabaran dan ketekunan.
Pertama kali yang harus diperiapkan dalam pembuatan kertas daurulah adalah:
1. Ember Besar 2 buah untuk menaruh bubur kertas hasil pemblenderan + ember sedang.
2. Blender, gunanya untuk memblender kertas atau tanaman menjadi bubur kertas
3. Kompor Minyak atau Gas terserah saja.
4. Panci yang dilapisi email, gunanya untuk tempat merebus tanaman yang mau dibuat kertas.
5. Cetakan untuk membuat kertas, dibuat dari kawat kasa yang diberi bingkai ukuran sesuai dengan ukuran kertas.
6. Triplek ukuran 60cm x 40cm ukuran tidak mengikat dan teraerah anda. Ini digunakan untuk meletakkan kertas dari cetakan.
Bahan Pendukung:
1. formalin, digunakan sebagai campuran pada saat merebus tanaman yang akan dibuat kertas.
2. Tawas,digunakan sebagai campuran setelah kertas sudah menjadi bubur yang diletakkan pada ember besar.
3. Lem PVAC, digunakan juga sebagai campuran, sebelum digunakan encerkan dulu lemnya sampai tidak ada gumpalan, lem dipakai secukupnya saja kira-kira 2 sendok makan.
4. Zat pewarna pakaian, ini untuk membuat kertas menjadi berwarna, dilarutkan pada bubur kertas sebelun di cetak.
5. Pemutih pakaian, ini dipakai untuk membersihkan dan memutihkan bubur kertas terutama kertas yang terbuat dari tanaman.
Cara Buat Kertas:
1. Kertas limbah di potong kecil-kecil kira-kira 3 cm, rendam dengan air pada ember kira-kira 6 jam baru kemudian di blender sedikit demi sedikit sampai semua kertas menjadi bubur kertas dan taruh bubur kertas ke dalam ember besar dan diberi air.
2. Sebelum di cetak bubur kertas tadi taburi dengan bubuk tawas dan lem yang telah diencerkan kira-kira 2 sendok makan atau sesuai dengan kebutuhan. kalau menghendaki kertas berwarna sekaligus beri pewarna pakaian ke dalam bubur kertas tadi sambil di aduk-aduk sampai pewarna merata.
3. Ambil cetakan dari kawat kasa, ambil bubur kertas dengan cetakan tadi dengan cara merendamkan cetakan ke dalam bubur kertas sambil di goyang-goyang supaya bubur kertas merata pada peermukaan cetakan, kemudian angkat dan tiriskan sebentar supaya air mengalir baru kemudian taruh bubur kertas yang ada pada cetakan tadi di atas triplek dengan cara dibalikkan. dan jemur. Begitu seterusnya sampai bubur pada ember habis.
Semoga bermanfaat

 
At March 4, 2013 at 10:07 PM , Blogger Daniel Benny Simanjuntak said...

Postingan ini semakin menambah wawasan tentang men-daur ulang kertas! Terimakasih sudah berbagi mas. :)

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home